Demo Buruh di Indonesia

Posted by

Demo Buruh kembali terjadi di Indonesia karena rasa kekecewaan mereka terhadap kondisi perekonomian Nasional sekarang ini yang sedang terpuruk. Ratusan buruh mulai terlihat berkumpul disekitar Patung Kuda, Jakarta Selatan pada hari Selasa 1 Agustus 2015 tuntunan mereka adalah pemerintah segera menghentikan gelombang PJK yang sedang mengancam para pekerja akibat melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar.


Namun, ada yang berbeda pada demonstrasi buruh kali ini. Unjuk rasa tersebut dilakukan dengan tertib. Menghapus kekhawatiran kepolisian. Mereka pun menepati janji dengan tidak long march ke Kementerian Kesehatan dan Kementerian Tenaga Kerja.

Sabtu 29 Agustus 2015, Kapolda Metro Jaya Irjen Tito Karnavian mengadakan pertemuan dengan Ketua KSPI, Pemprov DKI, Komisi IX dan kementerian untuk membahas demo buruh hari ini. Pada pertemuan tersebut, Tito menyarankan agar buruh tidak melakukan long march dari HI menuju Istana dan 2 kementerian tersebut. Dia pun mengimbau agar buruh menyuarakan aspirasi di satu titik saja, yakni Silang Monas.

Pada kesempatan yang sama, Presiden KSPI Said Iqbal menegaskan akan tetap long march, hanya saja rutenya diperpendek menjadi dari Patung Kuda Thamrin menuju Istana Merdeka, dan berorasi hingga siang hari.polisi tidak perlu melakukan rekayasa lalu lintas saat long march berlangsung. Penutupan hanya dilakukan saat mereka tiba di Patung Kuda dan depan Istana Merdeka.

Namun, mereka tetap mendapat penjagaan ketat tetap dilakukan oleh kepolisian baik dari Satuan Sabhara dan Satuan Brimob. Satuan Sabhara Polda Metro Jaya dilengkapi dengan senjata gas air mata terus mengawal bubarnya massa aksi. Penjagaan Satuan Brimob dilakukan di sisi jalan yang menjadi rute yang dilintasi buruh untuk menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat.


Demo Blog NJW V2 Updated at: 2:49 AM

0 comments:

Post a Comment

BTC FREE