Budi Waseso Dipetisi Agar Dicopot

Posted by

Komjen Budi Waseso dikabarkan akan dicopot dari jabatan Kepala Badan Reserse Kriminal Polri. Apa komentar Kapolri Jenderal (Pol) Badrodin Haiti mengenai hal ini? Badrodin hanya tersenyum saat ditanyakan soal ini.

Komisaris Jenderal Budi Waseso kembali disorot publik hari ini setelah wacana pencopotan dirinyak sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal Polri beredar. Budi yang baru menjabat Kabareskrim pada 16 Januari lalu memang kerap memunculkan kontroversi.



Yang paling menghebohkan publik adalah ketika penyidik Bareskrim Polri menangkap Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bambang Widjojanto pada 23 Januari lalu atau hanya tujuh hari setelah Budi menjabat Kabareskrim. KPK yang berusaha mencari keberadaan Bambang pada Jumat pagi hari itu mengonfirmasi informasi penangkapan Bambang ke Mabes Polri.

Wakil Kepala Polri yang menjabat saat itu, Komisaris Jenderal Badrodin Haiti, ketika dikonfirmasi pertama kali memastikan bahwa lembaganya tidak menangkap Bambang. Namun belakangan, Budi menyebut bahwa Bareskrim Polri yang menangkap pimpinan KPK yang kini menjadi tersangka itu.

Atas dugaan bahwa penyidik yang menangkap Bambang berada di luar perintah resmi institusi Polri, Budi membantah. “Enggak ada. Yang menangkap Bambang Widjojanto itu Bareskrim,” tutur Budi.

Kontroversi Budi terus berlanjut. Termasuk ketika pernyataannya dianggap melawan perintah Kapolri Jenderal Badrodin Haiti. Badrodin saat itu berjanji untuk tidak akan menahan Bambang. Namun Budi berkata lain. “Itu kewenangan penyidik, saya tak bisa mengintervensi,” ujar Budi.

Meski sempat diterbitkan surat penahanan pada 23 April lalu, namun Bambang akhirnya memang batal ditahan. Hingga hari ini, meski berstatus sebagai tersangka di Bareskrim Polri, Bambang masih menikmati udara bebas.

Pernyataan Budi yang terkesan melawan pimpinan juga disampaikan saat merespons permintaan Presiden Joko Widodo agar Polri tidak melakukan penahanan terhadap penyidik KPK Novel Baswedan. Dukungan terhadap Novel agar tidak ditahan akhirnya meluluhkan upaya Bareskrim di bawah pimpinan Budi untuk menahan penyidik yang mundur dari Polri tersebut.

Sumber : CNN


Demo Blog NJW V2 Updated at: 3:29 AM

0 comments:

Post a Comment

BTC FREE