Status Meningkat, Gunung Raung di Banyuwangi Ditutup untuk Pendakian

Posted by

Berita Hari Ini Menyusul meningkatnya status Gunung Raung dari normal (level I) menjadi waspada (level II) terhitung sejak Kamis (18/10/2012) malam, seluruh aktivitas pendakian untuk sementara dinyatakan ditutup. serti yang sudah kami bahas pada artikel sebelumnya di Status Gunung Raung di Banyuwangi.

Berdasarkan surat rekomendasi yang dikeluarkan Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana dan Geologi (PVMBG) diimbau agar masyarakat tidak mendekati kawasan kawah gunung hingga radius 1 kilometer, termasuk kegiatan pendakian.

Masyarakat juga diimbau untuk tidak perlu panik dengan meningkatnya status gunung berketinggian 3.332 meter di atas permukaan laut (mpdl) tersebut, tapi, harus tetap waspada. Sebab, gunung yang berada di perbatasan 3 kabupaten yakni Bondowoso, Jember, dan Banyuwangi ini terbilang gunung aktif.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bondowoso, Abdul Rahman, mengatakan, pihaknya sudah koordinasi dengan lembaga terkait untuk terus memantau aktivitas kegempaan Gunung Raung. Termasuk menutup jalur pendakian melalui jalur Sumber Wringin.

"Bahkan, bilamana statusnya terus meningkat, kami akan segera berkoordinasi dengan PVMBG, BPBD Provinsi maupun lembaga terkait lainnya untuk segera menentukan langkah penanganan," kata Abdul Rahman, pada detiksurabaya.com, Sabtu (20/19/2012).

Dari peta yang dikeluarkan PVMBG, ada tiga kecamatan di wilayah Bondowoso yang masuk dalam kawasan rawan bencana (KRB) I, yakni Tlogosari, Sumber Wringin, dan Sukosari. Tiga kecamatan ini berada di KRB I atau dalam radius 10 km dari kawah gunung.

Peningkatan status gunung Raung dari normal menjadi waspada berdasarkan data statistik kegempaan yang terekam di Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung di Desa Sumber Arum, Kecamatan Songon, Kabupaten Banyuwangi, yang cenderung meningkat dalam sepekan terakhir. Baik gempa tektonik maupun gempa vulkanik. Segera lindungi diri anda serta keluarga anda di Commonwealth Life Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Indonesia

Dan sekaligus sebagai ajakan untuk seluruh warga banyuwangi yang sedang menggeluti bisnis pembayaran online silahkan bergabung dan menjadi pengusaha pembayaran online dengan sistem pendaftaran gratis,kertas berlogo bank bukopin gratis di loket ppob atau juga bisa bergabung di ppob bukopin.


Demo Blog NJW V2 Updated at: 2:15 AM

0 comments:

Post a Comment

BTC FREE